Minggu, 22 Maret 2009

Bonggol kecil bisa berbiji banyak?


Biji adenium sekarang ini semakin susah dicari,kalaupun ada harganya sudah tidak murah lagi.Ini bukan mengada-ada meski kata orang sekarang ini trend tanaman adenium sudah turun tapi justru permintaan bonggol diameter kecil 5 sd 10 cm semakin naik khususnya bonggol lokal.Hal ini disebabkan beberapa alasan :
1.Semakin banyak orang meminati adenium yg harganya terjangkau ,sehingga mencari grafting yg kecil kecil .
2.Bertambahnya jumlah pedagang adenium baik skala besar atau kecil
3.Mudahnya melakukan grafting /sambung batang sendiri.
Menyiasati hal tersebut kini banyak bermunculan pedagang yg mengkhususkan diri menjual bonggol lokal yg belum di grafting baik yg berskala besar ataupun pedagang keliling.
Untuk anda yg masih pemula jangan takut apabila anda haoya mempunyai adenium yg masih kecil.karena dari adenium yg kecilpun bisa menghasilkan buah atau biji yg besar besar dan berjumlah banyak.
Tip untuk mendapatkan biji adenium yang banyak :
1.Pada saat bunga adenium keluar biji ,tambahkan pupuk dekastar dg komposisi P dan K yg banyak krn ini dibutuhkan oleh biji .Untuk pot uk 20 cm dapat diberi dekastar kira kira 1 sendok makan.
2. Tambahkan juga pupuk Growmore .Siramkan ke media tanam ,hati hati air jangan sampai kena bakal biji,karena bisa mengakibatkan bakal biji membusuk.Penyiraman dpt dilakukan 2 hari sekali
3.Untuk penempatan .tempatkan ditempat yg panas dg intensitas matahari 6 sd 7 jam yg penting bakal biji tidak terkena air.
Setelah 2 sd 3 bln biji sudah bisa dipanen.
SELAMAT BERKARYA !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar