Minggu, 22 Maret 2009

Media tanam yang tepat untuk adenium -1

Banyak email masuk ke adventmardani@gmail.com yang bertanya tentang hal tersebut. Maka dipostingan kali ini akan diulas secara tuntas.
Media tanam merupakan hal yang sangat vital bagi tumbuhan tak terkecuali adenium.Karena media tanam merupakan tempat tumbuh dan berkembang sebuah tanaman.Memang ada beberapa tanaman yang tidak memerlukan media tanam,salah satunya adalah tanaman yang populer dengan nama Janggut Musa.tapi secara umum semua tanaman memerlukan media tanam.
Sebenarnya adenium tidak memerlukan media tanam secara khusus,karena adenium adalah tanaman yang gampang tumbuh meskipun unsur hara dalam medianya relatif tidak ada.Adenium dalam habitat aslinya di Jazirah Arab bahkan tumbuh subur dan mencapai usia puluhan tahun .meskipun disana curah hujan sangatlah sedikit.Jadi sebenarnya adenium adalah tanaman yang 'tahan banting' di segala cuaca dan sangatlah cocok untuk iklim tropis Indonesia.
Media tanam sebenarnya sudah banyak mengandung unsur hara meski tidaklah lengkap.makanya pencinta tanaman hias selalu memberi pupuk baik itu pupuk organik atau pupuk kimia.Ini dikarenakan kandungan unsur hara dalam tanah akan habis.
Jadi pemupukan memang relatif diperlukan.
Untuk pemilihan media yang tepat bagi adenium secara umum akan dibagi menjadi dua kelompok.:
1. Media tanam untuk musim panas
2.Media tanam untuk musim hujan
Pembagian ini dilakukan karena adenium secara umum tidak mengeluarkan bunga pada musim hujan,karena itu media yang diperlukan adalah untuk pertumbuhan daun,dan bonggol.
Menurut pengamatan penulis selama beberapa tahun menggeluti adenium media tanam yang pas adalah
1.Untuk musim penghujan
Campuran antara pasir gunung atau yang paling bagus adalah pasir malang, sekam bakar,pupuk organik dari kotoran kambing atau kelelawar dengan perbandingan 60:30:10 .
Ini sangat bagus untuk pertumbuhan adenium.Yang perlu diingat adalah letakak adenium di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Dan yang tidak kalah penting bagian bawah pot beri lubang yang cukup....<<bersambung >>



Tidak ada komentar:

Posting Komentar